Ikhwanul Muslimin Mustahil konflik dengan Dewan Militer Mesir - Templat mirip Yahoo
Headlines News :
Home » » Ikhwanul Muslimin Mustahil konflik dengan Dewan Militer Mesir

Ikhwanul Muslimin Mustahil konflik dengan Dewan Militer Mesir

Written By Pelatihan blog on Jumat, 13 Januari 2012 | 13.41

Muhammad Syafii Tampubolon | Buat Lencana Anda



Ikhwanul Muslimin Mustahil konflik dengan Dewan Militer Mesir



Semenjak menjabat Mursyid 'Amm Jamaah Ikhwanul Muslimin (IM), Pernyataan-pernyataan beliau memicu perdebatan dan mengemukakan problema-problema yang dihadapi palestina, juga menyerang pemuda-pemuda revolusi.. 

Mahdy Akif, mantan Mursyid IM menegaskan melalui media (radio dan televisi) bahwa rakyat Mesirlah yang melakukan revolusi, bukan pemuda-pemudanya. Dan koalisi itu tidak ada, kalau mereka sungguh-sungguh cukuplah bagi mereka satu koalisi untuk menduga bahwa dewan militer punya andil atas peristiwa yang terjadi sekarang namun jauh sekali terjadinya konflik antara IM dan militer. 

Akif mengungkapkan: Saya tidak percaya dengan Amerika atau apapun yang yang diberikannya kepada Mesir, adapun tujuan kunjungan pejabat-pejabatnya ke kantor IM adalah untuk mengenal pemikiran kelompok ini.

Rasha Hafiz – Sara Jamal

+Bagaimana anda menanggapi peristiwa jum’at (pembebasan Mesir)?


-Tindakan-tindakan yang bersumber dari sebagian organisasi ini kami anggap tindakan yang tak bertangggungjawab serta tidak mengedepankan kemaslahatan Mesir, seharusnya mereka meletakkan kepentingan Negara di atas kepentingan pribadi. Saat ini Mesir membutuhkan akal-akal dan jiwa manusia yang memperjuangkan kemerdekaan dan kebangkitannya serta jauh dari hal-hal kecil yang mereka perbicarakan seperti menyerang dewan militer.

+ Anda mengatakan mereka lupa bahwa yang dibutuhkan mesir saat ini adalah kestabilitasan, siapa mereka yang anda maksud?


-Tidak tahu.. Tapi siapapun yang membantu mensabotase Mesir maka dia termasuk orang-orang yang melupakannya.

+Terkadang tuduhan itu ditujukan kepada orang-orang di tahanan thurrah, kadang terhadap dewan militer, kadang pula kepada adanya kelompok ketiga.. Apa pendapat anda?


- Tidak tahu.. Tapi saya tidak akan memberikan kesempatankepada mereka. Pemuda-pemuda yang turun disana-sini serta mengklaim tuntutan-tuntutan bohong belumlah melakukan revolusi atau pemberontakan, sesungguhnya rakyatlah yang melakukannya dan ditolong oleh tentara.

+Tapi bukankah para pemuda yang mengobarkan api revolusi dan rakyat menggabungkan diri dengan mereka?


-Tidak….. kita tidak membutuhkan yang namanya pemuda ((perancang revolusi adalah rakyat dan Allah yang membantu memenangkan mereka karena mereka adalah bangsa yang beriman dan bersabar sehingga Allah membalas mereka. Apa yang terjadi selama 18 hari saat berlangsungnya revolusi menjelmakan akhlaq bangsa Mesir. Orang kristen berdiri disamping orang islam dan tidak terjadi fitnah apapun.

+Apa kometar anda tentang peristiwa yang terjadi sekarang, apakah merupakan pelaksanaan rencana pengacauan seperti yang dituturkan oleh Condoleezza Rieze(Menlu AS)?


-Anak muda masa kini menderita rabun penglihatan dan tergesa-gesa dalam bertindak tanpa menyadari situasi sebenarnya, jadi tugas kitalah untuk mendidik dan memberikan perhatian, menjelaskan hal sebenar, serta menjadikannya terbiasa menimbang setiap langkah yang diambil. Hendaklah ia bersabar sehingga kita dapat menstabilkan institusi Negara. Dan bagi kita semua tanpa terkecuali untuk tidak menuntut selain mengembalikan kehidupan demokrasi melalui institusi Negara yang terpilih, inilah tujuan yang harus diperjuangkan oleh semua lapisan masyarakat. Terimakasih kepada dewan militer yang memelihara institusi Negeri ini dari kerusakan.

+Dan koalisi para pemuda revolusi?


-Koalisi itu tidak ada dasar dan keeksisannya, sepertinya sudah terbentuk 100 koalisi, kalau mereka bersungguh-sungguh maka cukuplah satu koalisi yang terhimpun didalamnya semua pemuda revolusi sehingga nyatalah peran mereka dan bagi yang tidak bisa bekerjasama dengan saudaranya maka ia tidak akan mendapatkan apa-apa.

+Pencegahan anda terhadap IM untuk tidak bergabung dalam peristiwa jum’at adalah pencegahan dari memuliakan kebebasan?

Ketidakikutsertaan kami dalam hal seperti ini karena ia penyia-nyiaan terhadap waktu sedangkan kita bisa menyibukkan dengan menciptakan keamanan dan memberikan keselamatan bagi masyarakat sehingga dapat mengembalikan ketentraman dan keluhurannya.

+Tapi ada pernyataan bahwa IM sibuk meraih kursi terbanyak di parlemen dan mengabaikan Mesir?


-Kami berusaha mewujudkan kestabilitasan dan membangun institusi negara serta menolak berjalan barsama demonstran begitu juga merespon teriakan-teriakan anarkismenya. Maka apakah kami harus turun ke jalan dan ikut berdemo agar tidak dikatakan seperti ini? Perkara ini tidak ada nilainya, hendaknya kita memikirkan bagaimana menghantarkan negeri ini kepada ketentraman dan ketenangan serta menciptakan Mesir yang madani.

+Bagaiman tentang penyeretan kaum pemudi pada kejadian-kejadian di dewan menteri?
-Baik keluarnya kaum wanita maupun tindakan militer, keduanya sama-sama kami tentang. Tapi perkara ini telah berakhir dengan permohonan maaf dari dewan militer atas peristiwa tersebut, jadi hendaknya kejadian ini dilupakan saja sehingga kita bisa sampai pada tujuan dasar.

+Anda mengatakan bahwa rakyatlah yang melakukan revolusi baik laki-laki maupun perempuan, tapi sekarang anda menolak keluarnya para pemudi dan mengatakan agar kejadian ini dilupakan saja?


-Apa yang terjadi adalah rekayasa baik dari orang-orang di tahanan thorroh maupun dari sisa-sisa pemerintah sebelum ini atau juga dari amerika. Jadi hendaklah kita memproklamirkan bahwa kejadian ini tidak benar dan bersama maju untuk meningkatkan perekonomian ummat dan meyebarkan kedamaian sehingga Mesir selamat dari ketergelinciran dan kita dapat mengkalkulasikan yang rusak dan salah. Bukan rahasia lagi bahwa dewan militer punya andil atas apa yang terjadi. Baik direncanakannya maupun akibat dari kegagalannya dalam memerintah selama fase peralihan ini. Saya lebih memberatkan alasan kedua yaitu dewan militer gagal dalam mengatur negeri karena itu hendaklah ia segera menyerahkan tampuk kekuasaan kepada dewan kepemimpinan sipil.

+Wakil ketua IM mengumumkan penolakannya terhadap pemilihan presiden sebelum peraturan perundang-undangan, apa sanggahan anda?

-Saya juga mengutamakan undang-undang dulu, jadi kita berkomitmen dengan langkah-langkah demokrasi yang benar. Pertama pemilihan anggota parlemen kemudian pemilihan panitia perumus undang-undang setelah itu barulah pemilihan presiden. Undang-undang ini tidak menghabiskan waktu lebih dari 15 hari. Dari empat bab hanya satu yang belum kami sepakati, setiap ahli perundang-undangan menyampaikan opininya berarti hanya membutuhkan satu atau dua sidang lagi untuk menyelesaikannya. Sedangkan yang berhubungan dengan calon saya tidak punya sampai majlis syuro IM berkumpul dan mengajukan calonnya atau mengemukakan pendapatnya, walau bagaimanapun kami belum menentukan calon.

+Dan dewan konsultatif.. kenapa kalian menarik diri darinya?
-Konsultatif ide brilliant untuk membantu dewan militer. Tapi ketika misinya tercacat maka dia tidak akan menjadi konsultan. Ketika IM merasa bahwa di sana ada manipulasi maka ide ini tidak diterimanya.

+Tapi diungkapkan bahwa dewan konsultatif adalah dinding penghalang bagi dewan militer dan keputusan-keputusannya tidak diwajibkan?
-Tidak ada seorang pun yang bisa menanggung kesalahan orang lain begitupula dewan konsultatif tidak akan bisa menanggung kesalahan dewan militer.

+Ada kekhawatiran dari kelompok islam, mengapa?
-Ikhwanul muslimin sesuai dengan janjinya, dalam hal ini saya katakan kalau kami kalah atas kalian maka tidak usahlah kalian memberi kami suara pada pemilihan yang akan datang. Sebagian besar anggota IM berkata kami hanya menginginkan 50% kursi di parlemen dan kami telah mencapai 40%. Jadi apa dosa kami kalau rakyat mesir memilih kami atas keinginan mereka sendiri dan tanpa paksaan.

+Tapi mayoritas penduduk Mesir ini buta huruf tidak bisa baca tulis dan penuh simpati jadi cara mudah untuk menaklukkannya melalui penyebar agama?
-Ia berkata dengan mengejek. “apa maksudnya” orang buta huruf ini pemahamannya lebih baik dibanding kebanyakan orang berpendidikan. Kalau kalian mendatangi para petani kalian akan mendapati mereka memiliki pendapat yang benar tentang berbagai macam perkara.

+Partai Nur Salafy menempati peringkat kedua dari hasil perolehan kursi di parlemen, apakah akan ada aliansi diantara kalian?
-Saya tidak tahu, kami suatu kelompok dan salafy kelompok yang lain. Tapi kita semua adalah jama’ah salafiyah berpegang teguh kepada quran dan sunnah dalam hal usul dan bukan furu’. Tugas kita semua adalah bekerjasama demi kebaikan Mesir.

+Tugas kalian adalah bekerjasama untuk kemaslahatan Mesir, jadi bagaimana bentuk kerjasama kalian dengan kelompok sekulerisme dan liberalisme?
-Banyak dari kalangan libelarisme dan sekulerisme yang berkompeten, mereka dipilih oleh masyarakat, ini menunjukkan kredibilitas mereka yang harus dihormati.

+Amerika membuka pintu masuknya donasi bagi organisasi-organisasi masyarakat modern. Apakah anda berkeyakinan bahwa donasi ini sebagai penopang kelompok sekulerisme dalam menghadapi kelompok islam?
-Saya tidak memiliki kepercayaan terhadap Amerika serta apa yang diberikannya. Jika donasi ini dijadikan penunjang kelompok lain dalam menghadapi kelompok islam maka selamat datang, semoga mereka kuat dalam berkonfrontasi dengan kami, saya suka berkompetisi dengan yang kuat bukan yang lemah.

+Bagaimana tentang pertemuan antara pemimpin IM dengan pejabat Amerika?

-Kami mempunyai pripsip yang kami junjung yaitu kami bergaul dengan semua orang namun soal pemerintahan bila ada yang ingin berbincang dengan saya saat saya menjabat mursyid IM dulu maka ia harus datang melalui jalur kementrian luar negeri Mesir sebagai penghormatan terhadap Negara saya. Kalau sekarang kita tidak diharamkan lagi maka markas IM dan FJP bisa dikunjungi semua orang mulai dari pejabat pemerintah para dubes dan menlu. Supaya mereka mengenal kita dan kita mengenal mereka. Jadi kunjungan-kunjungan ini adalah untuk saling berkenalan.

+ada yang menyatakan bahwa anda berkata “selamat tinggal” kepada umat kristen ketika mereka merisaukan kemenangan umat islam dengan memperoleh kursi terbanyak di parlemen?
-Saya tidak mengatakan itu dan tidak mungkin dikarenakan kami kelompok islam hingga orang-orang qibti menjadi risau, buktinya kami hidup bersama mereka dan mereka memberi kami suara.

+Tapi ada sesuatu yang ditakutkan oleh kebanyakan penduduk Mesir?
-Siapa yang takut terhadap IM sesungguhnya dia mendengar perkataan minoritas yang menyebarkan desas-desus untuk memprovokasi rasa takut dan panik di hati masyarakat khususnya setelah kami menyapu bersih pada pemilihan anggota parlemen. Kalau orang-orang masehi mereka menemui saya dan berbicara langsung.

+Diungkapkan bahwa IM pada tahun pertama di kancah perpolitikan, dikhawatirkan akan membawa kerugian bagi kepentingan Negara?
-Ini adalah perkataan orang bodoh, mereka memperhitungkan wisata untuk kaum wanita dan anggur. Pariwisata tidak melebihi 1% dalam proyek yang kami tawarkan. Tapi proyek pariwisata itu besar karena negeri kita kaya akan objek wisata peninggalan-peninggalan dari zaman fira’un romawi dan islam. Kita akan menyediakan peraturan bagi wisatawan sehingga mereka terbantu dengannya. Dan promosi pariwisata Mesir tidak bertentangan dengan kepentingan Negara.

+Terdapat kecurigaan akan adanya transaksi antara IM dan dewan militer, bagaimana anda menanggapinya?
-Saya sedih sekali ketika mendengarnya. Kalian telah menyaksikan sendiri bagaimana sikap kami terhadap dewan militer. Baik dari kejadian di jalan Muhammad Mahmud atau apa yang menimpa pemudi-pemudi Mesir begitu juga dari piagam perdamaian.

+Apakah konflik antara IM dan dewan militer ditangguhkan?

-Konflik tidak menjadi agenda IM dan tidak pula terdapat dalam kamusnya. Bahkan mustahil terjadinya konflik antara IM dan militer karena kami berusaha saling memahami berdialog berdiskusi dan menentang hal yang salah.
Akif menyambung dengan suara keras. IM tidak akan mengintervensi pendeklarasian undang-undang dan tidak akan menoleransi siapapun untuk mengintervensi. Menurut saya kelompok-kelompok masyarakat akan menyetujui prinsip perundang-undangan. Terdapat dua cara untuk itu, suara mayoritas dan kesepakatan. Kalau mereka sepakat maka selesai perkara tapi kalau belum maka mayoritas yang menjadi ukuran karena tidak mungkin Mesir dipimpin oleh minoritas.

+Apa pendapat anda tentang pemerintahan Ganzoury?
-Kita semua tau masa pemerintahannya enam bulan dengan nilai positif dan negatifnya. Beliau adalah sosok lelaki yang baik darinya kita mendengar hal yang baik khususnya ketika beliau menjadi perdana menteri.

+Posisi yang diambil umat islam dalam menanggapi kesepakatan Camp David melahirkan kekhawatiran bagi Amerika dan Israel, bagaimana sikap kalian?
-Kami menghormati setiap kesepakatan namun untuk yang ini kami menolaknya, walaupun begitu kami tidak bisa mengambil keputusan yang berjauhan dengan rakyat, jika rakyat menetapkan untuk dihapus maka kami akan menghapusnya tapi jika mereka menginginkannya maka kami akan menjaganya. Dan IM bukanlah bangsa melainkan bagian dari bangsa.

+Apakah kalian akan berpartisipasi dalam memformat pemerintahan yang baru?
-Ya, DPR adalah tim formatur pemerintahan, baik bersepakat dengan presiden ataupun dengan dewan militer.
Mesir adalah negara besar dan semua yang terjadi adalah perkara kecil. Dia akan stabil dengan institusinya yang terpilih. Jadi hendaknya kita mengharuskan diri kita dan bangsa ini untuk memikirkan kepentingan tanah air dan perkembangan umat.


=======

MAHDI 'AKIF

Profil
Nama : Muhammad Mahdi ‘Akif
Tempat Tanggal Lahir : Kafr Awad Al Seneita prov. Dakahliya , 12 juli 1928
Pendidikan terakhir : Fak. Hukum Univ. Ain Syam
Status : Menikah memiliki 4 anak

Pengalaman :
• Penasehat WAMY di Riyadh tahun 1974
• Direktur Islamic Center di Munich
• Anggota parlemen daerah tahun 1987
• Mursyid Am Ikhwanul Muslimin VII tahun 2004-2009
• Beliau mengenal Ikhwanul Muslimin sejak usia 12 tahun tahun 1940 dan dididik oleh para syekhnya.

Diterjemahkan oleh Zahratul Jannah, Lc. dari Majalah al-Idza'ah wa Televiziun Mesir (Edisi Januari 2012)

Sumber
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Subscribe via RSS Feed If you enjoyed this article just click here, or subscribe to receive more great content just like it.
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Templat mirip Yahoo - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template